Skip to main content

follow us



Tips Mengirimkan Berkas Lamaran Pekerjaan Via Email

Di indonesia tercinta kita ini bisa di kategorikan ketat dalam persaingan pekerjaan, hal ini dikarenakan minimnya lowongan pekerjaan ditambah populasi penduduk yang ketat menjadika orang orang di indonesia harus lebih bersemangat dalam menjalankan kehidupan untuk mencari napkah.

Kami disini sebagai jalur penghubung antara pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja mencoba menginformasikan agar kandidat dan perusahaan mendapatkan informasi lebih tepat walaupun mereka tidak saling berkomuniksi langsung, tetapi kita sebagai penengah mencoba menjalinkan hubungan informasi paling tepat.

Biasanya perusahaan akan mempublikasikan apa yang mereka butuhkan adan apa yang harus dilakukan calon tenga kerja. Dan untuk kali ini yang di bahas tentang bagaimana Tips Mengirimkan Berkas Lamaran Pekerjaan Via Email dan apa yang harus dilakukan..?

Pertama untuk cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email kita juga harus men-scan berkas-berkas surat lamaran sebagai kelengkapan pelamaran kerja, selanjutnya berkas yang sudah dijadikan file elektronik tersebut disimpan dalam format PDF, JPG, PNG, DOC dalam flashdisk, hardisk dan media penyimpan file elektronik lainya. Bila sewaktu-waktu akan digunakan kembali file elektronik tersebut dapat diambil untuk diupload/unggah sebagai persyaratan dalam melamar pekerjaan.

Berikut disajikan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengirim lamaran pekerjaan Via Email :

1. Persiapkan berkas yang akan dibuat file elektronik (di scan) diantaranya :

  • Surat Lamaran Kerja
  • Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
  • Ijazah / sertifikat yang dilegalisir
  • Kartu Indentitas (KTP)
  • Pas Foto
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
  • Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans
  • Perlu diingat saat melakukan Scan berkas usahakan ukuran file tidak terlalu besar, hal ini bertujuan agar saat mengupload file lamaran prosesnya tidak lama. Anda bisa melakukan setting pada software scanner untuk menentukan ukuran file hasil scan, atau apabila ukurannya masih besar bisa dikecilkan dengan menggunakan aplikasi di windows seperti Microsoft Office Picture Manager, Paint dan lain-lain. 

2. Persiapkan Email

Jika Anda belum memiliki email bisa membuatnya terlebih dulu. Ada banyak penyedia layanan email gratis yang bisa dimanfaatkan seperti Gmail, Yahoo, AIM, Hotmail, GMX, Eramuslim, Telkomnet, Plasa.com dan lain-lain. Khusus akun Gmail kami telah menyajikan tutorialnya yaitu

3. Fahami persyaratan Perusahaan.

Terkadang tidak semua berkas lamaran pekerjaan diminta oleh perusahaan penerima lowongan pekerjaan, mungkin hanya berkas utama saja yang harus dikirim via email seperti surat lamaran, ijazah dan CV. Untuk hal seperti ini Anda hanya perlu mengirim persyaratan sesuai yang diminta, semakin sedikit berkas yang diupload / unggah maka prosesnya juga semakin cepat karena tidak membutuhkan file yang berukuran besar. Namun bila perusahaan penerima lowongan pekerjaan tidak mensyaratkan ini Anda bisa mengupload semua berkas lamaran yang Anda miliki.

Untuk lebih simple Anda bisa menyusun semua berkas lamaran dalam 1 file PDF, caranya dengan memasukkan file-file tersebut dalam microsoft office word (minimal versi 2007) dan menyimpannya (safe as) sebagai file PDF, atau bisa memasukkan file berkas lamaran dalam satu folder lalu mengkompresnya menjadi format zip atau rar. Hal tersebut dapat meringkas file berukuran besar menjadi lebih kecil sehingga mudah untuk diupload.

4. Tujuan pengiriman dan judul email / Subject

Saat ingin mengirim email pastikan alamat email tujuan sudah benar, periksa kembali dengan teliti jangan sampai surat lamaran Anda tidak sampai atau salah alamat.

Hal yang juga perlu diperhatikan dalam mengirim sebuah email adalah judul/subject nya. Kadang dalam inbox mail seseorang/perusahaan banyak sekali yang belum terbaca, bila judul email yang masuk tidak jelas bisa dianggap spam atau akan diabaikan. Oleh karena itu pemberian judul/subject menjadi sangat penting untuk dicantumkan serta disesuaikan dengan hal yang diminta misalnya Anda bisa memilih judul "Lamaran Pekerjaan Untuk Posisi Manajer Pemasaran" atau bila perusahaan mensyaratkan sistem kode bisa ditulis "Lamaran Pekerjaan Kode 0012" dan lain-lain.

5. Menulis redaksi dan menyisipkan Attachment

Meskipun yang diperlukan perusahaan penerima lowongan adalah berkas lamaran yang berupa file elektronik namun penulisan redaksi pengantar juga perlu diperhatikan. Gunakana bahasa yang simpel dan tidak bertele-tele serta jelas maksudnya. Redaksi bisa dibuat sesuai surat lamaran pekerjaan yang juga disertakan dalam lampiran file elektronik.

Setelah redaksi isi email dibuat maka selanjunya adalah menyisipkan Attachment atau file yang akan disertakan, khususnya pada akun Gmail menu Add Attachment atau Lampirkan File ada pada menu bawah bergambar clip. Klik gambar tersebut dan pilih file yang akan dilampirkan dalam email dari laptop/komputer Anda.

6. Test pengiriman email ke email sendiri

Setelah semua hal diatas diperiksa dengan baik dan benar maka sebelum dikirim kepada email tujuan alangkah baiknya dilakukan test pengiriman email. Gunakan alamat email Anda yang lain untuk tujuan pengiriman, setelah terikirim Anda bisa membaca dan memeriksa kembali karena seperti itulah email yang akan dibaca oleh perusahaan yang dituju. Apabila dirasa masih ada yang kurang bisa dilakukan perbaikan, dan setelah yakin semuanya benar baru kirim ke alamat email perusahaan penerima lowongan pekerjaan. Tunggu beberapa saat sampai ada pemberitahuan bahwa email Anda telah terkirim.

Demikianlah Tutorial Cara Mengirim Berkas Lamaran Pekerjaan Via Email, semoga bermanfaat

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik / Benar

Tips Cara Mengirimkan Berkas Lamaran Pekerjaan Via Email ini dan silahkan lihat contohnya dibawah ini.

Contoh surat lamaran kerja via email



To : Jaya.Tunggal@PTgroup.com

    Cc : -

    Subject : Operator Produksi



    Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi pada website di internet, bahwa "PT Makmur Operator Produksi" membutuhkan beberapa lowongan kerja dalam kategori operator produksi, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

  • -Nama : Marsya Maulani
  • -Alamat : Jl. Mawar No.13 Banyuwangi
  • -Tempat, Tanggal Lahir : Bekasi, 17, 02, 1991
  • -Tendidikan : SMK PGRI 2 Bekasi

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.Bersama ini saya lampirkan satu lembar catatan surat lamaran kerja dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.


Apabila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk mengikuti tes wawancara. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan perusahaan, saya ucapkan banyak terima kasih.




     Hormat saya,



  (Marsya Maulani)


Jika kita melihat contoh surat lamaran kerja diatas maka tidaklah ada perbedanya dengan surat lamaran kerja dengan cara ( Via Pos ) perbedaannya hanyalah tempat penulisanya saja. yaitu kalo lamaran kerja via email tempat nulisnya ya di email atau file tersendiri dan dikirim di mesin elektronik.

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Anda wajib menyediakan document yang diperlukan dalam bentuk SCAN, kalo bisa ukuranya dirubah dulu (compress) agar lebih hemat space (gak kegedean). Berikut ini contoh document yang biasanya dibutuhkan:

#- Surat lamaran kerja, biasanya berformat office word.( ini dibutuhkan jika Anda tidak menulis lamaran pada emailnya langsung )
  • - E_KTP
  • - Ijazah
  • - Paklaring
  • - SKCK
  • - CV atau biasa disebut Data riwayat hidup
  • - Pas foto 4x6
1. Klik Tulis atau Compose, silahkan menulis lamaran kerja di badan email seperti contoh diatas. Atau bisa juga tidak perlu menulis lamaran kerja di badan email, tapi sudah Anda siapkan surat lamaran kerja dalam bentuk file biasanya berformat Ms Word.

2. Anda berada pada halaman pesan baru, Masukkan alamat email yang akan dituju, Isikan subjek,
Kemudian mulai melampirkan berkas file dengan mengklik icon yang ditandai

3. Pilih file yang akan dkirimkan. Silahkan pilih satu persatu atau sekaligus.

4. Tunggu sampai semua file terupload

5. Jika semua file telah terupload, saatnya mengirimkan berkas lamaran kerja Anda. Namun sebelumnya, pastikan bahwa alamat email tujuan benar dan berkas yang akan dikirim sudah lengkap.

6. Selesai

Demikian dari kami Tips Mengirimkan Berkas Lamaran Pekerjaan Via Email, silahkan segera anda berges mencoba mengirim berkas lamaran Via Email sebaik mungkin, terimakasih.
Anda telah membaca artikel terbaru yang berjudul Tips Mengirimkan Berkas Lamaran Pekerjaan Via Email Semoga informasi ini dapat bermanfaat salam Site: operatorproduksi.com

Advertisement :


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi contact kami.
Terimakasih